Thursday, March 19, 2009

Tipe-tipe Mahasiswa

Terinspirasi dari pembicaraan kemaren sore, saya teringat dengan sebuah pernyataan yang disampaikan dosen saya sewaktu saya kuliah dulu, ketika beliau ditanyakan mengenai tipe-tipe mahasiswa. Menurut beliau, ada empat tipe mahasiswa yaitu sebagai berikut:




  • Study-Oriented: Mahasiswa tipe seperti ini lebih banyak meluangkan waktunya untuk belajar. Datang ke kampus hanya untuk belajar, begitu selesai kuliah, segera pulang. Sampai rumah belajar lagi. Hanya tiga kegiatan yang sering dilakukannya, belajar, belajar, dan belajar.

  • Business-Oriented: Mahasiswa tipe seperti ini lebih banyak meluangkan waktunya untuk mencari uang. Datang ke kampus hanya memenuhi kewajiban kehadiran, kalau dosen tidak strict, dia hampir pasti tidak akan ditemukan di ruang kelas dosen ybs karena sudah melanglang buana mencari uang. Baik buat usaha kecil-kecilan, ngajar les private, dll.

  • Organization-Oriented: Ruang Senat Mahasiswa, atau Ruang Himpunan Mahasiswa, atau ruang-ruang organisasi adalah tempat dimana mahasiswa tipe seperti ini berada. Hampir semua waktunya diluangkan untuk kegiatan berorganisasi. Rapat, mengadakan seminar, rapat lagi, dialog, dll adalah bentuk-bentuk kegiatan yang sering dilakukannya.

  • Fun-Oriented: Jangan sampai kuliah mengganggu jam bermain, kira-kira begitulah motto mahasiswa dengan tipe serperti ini. Sehari-hari jarang terlihat di kampus, kalaupun ada di kampus, tidak pernah terlihat sedang membawa buku. Seringkali juga terlihat asik berdiskusi, yang ternyata apabila disimak sedang mendiskusikan trik bermain game yang terbaru. Hanya sebentar dalam keseluruhan waktu di kampus mahasiswa tipe seperti ini terlihat serius, yaitu pada saat-saat ujian.


Pada tiap-tiap kampus, biasanya keempat tipe mahasiswa di atas ada, hanya komposisinya saja yang berbeda.


Tipe mahasiswa yang manakah anda (dulunya)?

8 comments:

  1. kok gak ada perpaduan pak?
    Soalnya aku tipe perpaduan antara study-organisasi-fun.
    kalo sekarang kayaknya tipe business oriented, cari uang biar bisa kuliah.. hahahaha

    ReplyDelete
  2. Tadinya saya mau tulis mengenai perpaduannya juga, tapi karena saya sudah menggunakan kata "lebih banyak meluangkan waktu" jadinya kurang cocok kalau dipadukan, misalnya sudah banyak meluangkan waktu untuk study, gimana bisa meluangkan banyak waktu juga untuk organisasi dan fun.

    Untuk mengakomodir perpaduan, let's just say kalau tiap mahasiswa biasanya ada satu tipe yang dominan, jadi bisa merupakan paduan dari beberapa tipe, tapi memiliki satu yang dominan.

    ReplyDelete
  3. oh.. betul juga.. tinggi kali daya analisismu ya pak.. Ajari dl aku poang pak..
    Soalnya daya analisisku rendah kali. Daya analisis yang kurang ini lah keknya yang sering bikin aku gagal.

    ReplyDelete
  4. wah, saya malah Study-Oriented, Business-Oriented, Organization-Oriented, dan Fun-Oriented TANPA ada kata "lebih banyak meluangkan waktunya", mknya hasilnya jadi kayak gini, hahahhaa :)

    ReplyDelete
  5. gak ada satupun yg cocok amaku sir..wah..ada yg kurang nehh... :D

    ReplyDelete
  6. @glorialimbong: bukan karena tinggi daya analisis saya, tapi karena saya yang tulis :)

    @raeyans: berarti itu bukan oriented

    @aPpLe: kan saya tidak ada tulis empat dan hanya empat, artinya bisa saja ada kategori yang lain yang cocok dengan mu, misalnya social-oriented :)

    ReplyDelete
  7. Kalau saya berubah-rubah tiap tahunnya. Tahun pertama study-oriented, tahun kedua business-oriented dan organization oriented, tahun ketiga just having fun-oriented, baru deh tahun terakhir study-oriented lagi *inget skipsi*. Hehehehe :lol:

    ReplyDelete
  8. @Sukma:
    Hahahaha, nice combination :)

    ReplyDelete