Sunday, March 15, 2009

Hati-hati Phishing Yahoo

Akhir-ahir ini saya sering dikirim pesan oleh orang-orang yang ada di friend list saya untuk melihat "foto" mereka. Berikut beberapa bentuk pesan yang sering dikirim:



hi there.... come check my pictures... different kind of pics of me -- WILD and CRAZY :) http://www.Picture-Maniacz.com

hi! is this you?? :D:D:D:D http://gandhi_ok.picture-boxes.com

http://www.dontstayin-pics.com/

Alamat-alamat tersebut bisa saja diakses melalui http://XYZ.picture-boxes.com atau http://XTZ.Picture-Maniacz.com dimana XYZ adalah sembarang kata, seperti http://akukerenbanget.picture-boxes.com. Mungkin saja masih banyak alamat-alamat lain yang digunakan untuk phishing.


Tampilan dari halaman-halaman tersebut apabila dibuka adalah sebagai berikut:





[caption id="attachment_268" align="alignleft" width="479" caption="Yahoo Phishing"]Yahoo Phishing[/caption]


















Sekilas halaman di atas adalah halaman resmi dari Yahoo, dan meminta kita untuk memasukkan username dan password ID kita di Yahoo. JANGAN PERNAH MEMASUKKAN ID YAHOO ANDA, karena username dan password ID anda akan digunakan untuk mengirimkan pesan-pesan serupa ke semua daftar ID di friend list anda.


Saya iseng-iseng mencoba login ke halaman web phishing tersebut dengan username dummy saya, tapi dengan password yang salah, ternyata tidak berhasil login. Tapi ketika saya coba login dengan informasi ID yang benar, saya berhasil login, dan ditampilkan halaman iklan, alamatnya seperti http://www.dontstayin-pics.com/main2.do tapi tampilan di bawahnya adalah iklan dinamis.


Password kita memang tidak diganti, tapi kejadian seperti ini akan sangat merugikan kita, dan teman-teman kita. Oleh karena itu, berhati-hatilah apabila mengakses Internet, karena kejahatan semakin canggih. Intinya, JANGAN PERNAH MEMASUKKAN USERNAME DAN PASSWORD ACCOUNT ANDA KE SEMBARANG WEBSITE.


Happy safe-browsing!

2 comments:

  1. pas nya itu pak, klu udah muncul halaman" yg kayak gt, mending di close aja, capek deh, masak buaya mau dikadalin, hehehhehe.. :P

    ReplyDelete