Friday, March 6, 2009

Kesan Pertama Belajar Bahasa Mandarin

Sudah beberapa minggu ini saya mengikuti kursus bahasa Mandarin. Selain karena diberikan secara cuma-cuma, alasan lain saya mengikuti kursus ini adalah karena bahasa Mandarin termasuk bahasa yang banyak penggunanya, so worth to learn lah :)


Ada beberapa kesan ketika saya mempelajari bahasa Mandarin, di antaranya adalah sebagai berikut:




  • Bahasa Mandarin merupakan bahasa yang ringkas dan runtut. Dalam pengucapan, biasanya dimulai dari yang paling besar dan diurut berdasarkan waktu.

  • Bahasa Mandarin merupakan bahasa yang memiliki nada. Ada empat nada (tone) dalam bahasa Mandarin. Kata yang sama, apabila diucapkan dengan nada yang berbeda, akan memberikan makna yang berbeda. Ini yang seringkali jadi momok bagi pemula bahasa Mandarin, karena seringkali susah membedakan antara nada yang satu dengan nada yang lain. Selain itu, banyak sekali huruf yang mirip pengucapannya, dan hanya dibedakan dengan banyaknya udara yang dikeluarkan pada saat pengucapan.


Sampai sekarang saya masih berhati-hati untuk menggunakan bahasa Mandarin, karena masih kesulitan dalam membedakan tone tersebut. Guru bahasa Mandarin saya bahkan memberi contoh banana dan having sex (maaf) memiliki pengucapan yang sama dan hanya dibedakan dari intonasi. Kan bisa barabe kalau salah-salah ucap :)


Demikian kesan sekilas dari belajar bahasa Mandarin. Mudah-mudahan saya bisa menguasainya dengan baik. Sebenarnya sih dari awal agak-agak kurang semangat belajarnya, tapi karena pacar saya bilang dia juga mau belajar Mandarin dari saya, akhirnya saya semangat untuk mempelajarinya :)


Za4ijia4n...

8 comments:

  1. bahasa mandarin nya "hasian" apa pak? :P

    ReplyDelete
  2. yah, jgn tulisan nya yg bhs china lah pak, pake bhs indonesia, kayak: xie-xie ato wo ai ... :)

    ReplyDelete
  3. nv3 peng2 you3

    note: angka-angka menunjukkan intonasi menggunakan sistem pinyin

    ReplyDelete
  4. ntar aku berguru ama sir az yah biar gratis...he..he.. :D

    ReplyDelete
  5. Tidak ada makan siang yang gratis nak...

    ReplyDelete
  6. hahaha...cinta memang sanggup membuat seseorang melakukan segalanya, demi si 'hasian' tercinta...

    hahaha..

    ReplyDelete
  7. wahhhh... :D
    baru beberapa minggu sudah jago ya pak.. saya aja yg sudah berbulan2 masih sering bingun dgn tata letak kata dalam kalimat yg menurut saya banyak 'pengecualian' nya... :(

    ReplyDelete