Tuesday, November 18, 2008

Silsilah Nadapdap dari si Raja Batak

Menyambung tulisan saya mengenai Silsilah Manalu dari si Raja Batak, sekarang saya akan menjabarkan silsilah marga Nadapdap (boru dari Ibu saya) dari si Raja Batak.

Urutannya adalah sebagai berikut:

Si Raja Batak -> Raja Isumbaon -> Tuan Sorimangaraja -> Tuan Sorbadibanua -> Silahisabungan -> Sondiraja -> Rumasondi -> Ruma Bunga-bunga (Raja Parmahan) -> Sinabutar.

Sinabutar memiliki tiga anak:

1. Doloksaribu
2. Sinurat
3. Nadapdap

Anda seorang gadis Batak berboru Doloksaribu, Sinurat, atau Nadapdap? Anda patut berbangga karena memiliki pariban seperti saya :)

Referensi: Buku Leluhur Marga-marga Batak dalam Sejarah, Silsilah dan Legenda (Angkola, Karo, Mandailing, Nias, Pakpak, Simalungun, Toba). Karangan Drs. Richard Sinaga. Penerbit Dian Utama.

6 comments:

  1. Bro, sori ya pertanyaan ku OOT.

    Kenapa ya Raja2 Batak kurang terkenal, atau at least sering "disebut" lah namanya, atau masuk buku pelajaran sejarah? Setw ku cuma Sisingamangaraja yang populer (tapi gk sepopuler Dian Sastro laaahh).

    Coba liat Raja2 dari daerah lain, katakan lah Raja dari Kutai atau Tarumanegara, Majapahit...

    Menurutmu gimana bro?

    ReplyDelete
  2. Kurang tau juga, tapi dugaan saya karena raja-raja Batak itu bersifat lokal, artinya setiap daerah punya raja, dan tidak ada raja untuk semua orang Batak.

    Kalau raja daerah lain kan tunggal, satu raja untuk semua penduduknya.

    Itu baru dugaan saja.

    ReplyDelete
  3. saya bangga jadi boru doloksaribu tapi tidak bangga punya pariban seperti anda ....xixixixixi

    ReplyDelete
  4. @borudoloksaribu:
    Your loss girl, your loss... :D

    ReplyDelete
  5. aku punya nenek aritonang.
    ada hubungannya tinta sih?

    ReplyDelete
  6. Ada dong, sama-sama dari bonapasogit :D

    ReplyDelete