Friday, August 22, 2008

Matrikulasi itu

Kemaren saya dapat kesempatan memberikan sebuah materi dari serangkaian materi yang akan diberikan ke mahasiswa baru di tempat saya mengajar.

Karena jadwal yang diberikan kepada saya sudah sore (mulai pukul 15:00) saya ingin mengetahui apakah mahasiswa baru tersebut masih memiliki energi yang cukup untuk berkonsentrasi untuk menyerap materi yang akan saya berikan.

Saya memberikan test sederhana berupa sebuah persamaan:

X + Y = X / Y


Dengan sembarang saya memilih seorang mahasiswa untuk menjawab berapa nilai X apabila diketahui nilai Y sama dengan 3. Mahasiswa yang saya tunjuk tidak dapat menjawab, mungkin masih syok karena diberikan soal mendadak. Saya tanya mahasiswa di sampingnya juga tidak bisa menjawab. Hmm... mungkin perlu waktu sedikit lebih lama untuk loading. Dan memang benar, mahasiswa berikutnya sudah bisa menjawab dengan benar. Setidaknya saya amati hampir semua mahasiswa mencoba menghitungnya (yang artinya mereka masih berkonsentrasi :D)


Saya membawakan materi dengan topik email. Sebenarnya bukan ini topik yang diberikan kepada saya di awal, tapi saya meminta kepada koordinator matrikulasi supaya saya diberi topik ini karena saya ingin mendidik mahasiswa baru supaya mereka tidak membuat kesalahan yang sering dilakukan ketika berkomunikasi dengan email, terutama untuk kesalahan-kesalahan yang sering saya amati secara langsung.


Secara teori saya merasa semua sudah disampaikan, sayangnya saya tidak bisa mengamati ketika praktikum karena ada masalah dengan login mereka.


Well, I'll see that in the matriculation test.

1 comment:

  1. hehe.. iya tuh sir..
    kmaren kan ada tuh assisten yg crita sm sy...
    hehehe...
    secara, sir udah bagus kok nyampein materinya kemaren..
    sir gandhi emang mantap kalo ngajar


    ~ marudut ~

    ReplyDelete