Saturday, January 17, 2009

Alasan Terjadinya Perang Dunia I

Akhir-akhir ini saya sedang suka menonton film dokumenter mengenai Perang Dunia I. Film dokumenter yang saya tonton adalah First World War yang terdiri dari 10 episode, masing-masing episode berdurasi sekitar 45 menit.


Saya mau share sedikit mengenai pemicu Perang Dunia I. Ternyata alasan terjadinya perang dunia I tidak begitu jelas. Awalnya adalah kebencian bangsa Serbia terhadap Astro-Hungary (sekarang menjadi dua negara, yaitu Austria dan Hungaria). Kebencian tersebut akhirnya terakumulasi dan mencapai klimaksnya pada pembunuhan Franz Ferdinand, calon pemimpin Astro-Hungary.


Astro-Hungary bereaksi keras, dan berencana menyerbu Serbia. Serbia meminta tolong kepada Rusia. Astro Hungary meminta dukungan terhadap Jerman (Jerman awalnya menduga bahwa Rusia tidak akan turut campur). Astro-Hungary mulai menyerbu Serebia. Ternyata Rusia membantu Serbia. Jereman mendeklarasikan perang terhadap Rusia. Perang terhadap Rusia, berarti perang terhadap Perancis, karena Rusia (pada saat itu) berteman dengan Perancis. Jerman, ingin mengganyang Perancis, tapi melalui Belgia. Inggris, yang saat itu sangat berteman baik dengan Perancis dan Rusia karena kepentingan ekonomi akhirnya mau tidak mau ikut membantu Rusia dan Perancis. Jerman akhirnya meminta pertolongan terhadap Turki (sementara Turki memiliki agenda sendiri). Turki diserang oleh Inggris yang juga meminta bantuan dari Australia dan New Zealand (karena kedua negara tersebut berakar dari Inggris), tapi Turki menang.


Dapat dilihat bahwa pemicu PD I sebenarnya tidak begitu "solid" tapi pada akhirnya banyak negara yang terlibat. Hanya demikian saja dulu yang bisa saya tuliskan, karena baru menonton sampai episode 4. Kapan-kapan akan saya lanjutkan (kalau ada waktu dan niat menulis ;p).


Moral of the story: Jangan buru-buru melibatkan diri dalam sesuatu sebelum mengetahui dengan jelas apa duduk perkaranya.

2 comments:

  1. klo sempet, tonton jg dokumenter World at war (WW II)atau yg lebih baru BBC history of WW II.

    tp klo WW II rada jelas biang keroknya... si Hitler sama axisnya (italy & japan) :))

    ReplyDelete
  2. WW II sudah tonton tapi bukan dari BBC saya lupa, tapi kira-kira sudah dapat juga gambarannya :D

    ReplyDelete